Senin, 15 Juni 2020

Konsumen Bisa Hubungi Operator Seluler Jika Ponsel Bermasalah karena IMEI

Blog Infomasi - Pemerintah pada 18 April menetapkan ketentuan International Mobile Equipment Identity (IMEI) di piranti mobile yang akan mengharuskan operator mobile memblok hp-ponsel ilegal yang code IMEI-nya tidak tercatat.

Kepala Subdirektorat Kualitas Service serta Harmonisasi Standar Piranti Pos serta Informatika, Kementerian Komunikasi serta Informatika, Nur Besar Said, mengatakan publik dapat mengontak service customer operator mobile buat minta keterangan masalah hp yang akan dibeli.

sumber : okezone.com

"Buat status IMEI, dapat bertanya ke konsumen care operator mobile, " kata Besar pada Rabu.

Peraturan validasi IMEI telah ditandangatani oleh Kementerian Komunikasi serta Informatika, Kementerian Perdagangan serta Kementerian Perindustrian semenjak 2019 lalu, mempunyai tujuan buat menahan peredaran hp ilegal atau black market (BM) di Indonesia.

Sesudah ketentuan itu berlaku, hp dengan nomor IMEI yang tidak sah buat disebarkan di Indonesia tidak dapat terhubung dengan service dari operator mobile, alias hp tidak dapat dipakai buat melakukan komunikasi.

Baca juga : Inilah Build Item Terbaik Hero Atlas, Hero OP Mobile Legends Terbaru

Ketentuan ini diaplikasikan mulai 18 April, berarti hp-ponsel yang digunakan sebelum tanggal itu masih dapat digunakan seperti biasa walau IMEI-nya tidak tercatat.

Pemerintah mengaplikasikan skema whitelist dalam validasi IMEI. Konsumen diinginkan memperoleh produk yang legal saat mereka beli hp di toko.

Ketua Umum Asosiasi Hp Semua Indonesia (APSI), Hasan Aula, mengatakan telah minta anggota buat memberi info yang benar pada distributor, pedagang atau reseller, buat jual produk dengan IMEI yang legal.

Walau juga demikian, masih terletak peluang piranti tidak menyala walau juga telah beli piranti yang legal.

Pemerintah sedang mempersiapkan service customer pada skema Centralized Equipment Identity Daftar (CEIR) buat aduan masalah IMEI, pengendaliannya akan diberikan pada lembaga yang mengurus CEIR.

Buat sekarang CEIR masih ada di operator mobile Telkomsel, dalam tempo dekat seharusnya diberikan ke pemerintah, diprediksikan di Kemenperin.

Wakil Ketua Asosiasi Pelaksana Telekomunikasi Semua Indonesia (ATSI), Merza Fachys, menyarankan terletak satu service customer buat mengatasi IMEI, seperti di pengelola CEIR. Masalahnya menurut ATSI, permasalahan mengenai IMEI diprediksikan juga bisa berlangsung saat kartu SIM belum dimasukkan.

Tidak ada komentar:
Write komentar