Sabtu, 02 Mei 2020

Tips Eksklusif - Cara Berjualan Di Market Place Facebook Secara Optimal

Blog Infomasi - Sudah relatif usang platform Faceboook meluncurkan fitur tambahan spesifik buat berniaga di aplikasinya, yaitu Market Place.

Apabila kita perhatikan, Faceboook marketplace tidak kalah saing dengan toko online seperti Tokopedia atau Bukalapak, fitur Market Place menurut Facebook disajikan secara sederhana.

Tampilan MarketPlace Pad Facebook (image:igem.Com)

Nama penjual, gambar barang, lokasi, deskripsi, sampai harga termuat menggunakan kentara. Fitur ini terletak pada kiri laman ketika kamu login pada Facebook lewat desktop. Anda tidak perlu mendaftar buat berniaga di fitur ini,relatif anda punya akun facebook saja.

Salah satu keungguan yg bisa ada dapatkan berdasarkan Market Place Facebook adalah calon pembeli produk nir terbatas pada sahabat facebook anda saja. Walau pun anda nir mempunyai banyak pertemanan dalam facebook tetapi fitur ini bisa menjangkau ribuan calon pembeli produk anda setiap harinya.

Satu hal yg perlu kamu memahami, berniaga pada MarketPlace Facebook nir ada transaksi yang difasilitasi sang Market Place facebook. Kamu mampu menciptakan konvensi sendiri menggunakan calon pembeli.

Anda juga bisa chatting terlebih dahulu dengan calon pembeli anda. Berniaga di marketPlace Facebook juga perlu stategi  yang perlu anda ketahui. Berikut ini tim Blog Infomasi akan merangkum beberapa cara untuk optimasi jualan lancar di Market Place Facebook.

1. Jangan Pasang Niat Dusta atau Ingin Menipu

Kenapa aku katakan ini merupakan point paling krusial? Karena bagaimana pun, setiap orang yg akan bertraksaksi jual-beli di Facebook Market Place pasti ada rasa kekhawatiran akan penipuan. Calon pembeli anda nir & merta akan percaya begitu saja menggunakan barang dagangan yang masih ada dalam Marketplace facebook.

Ini tentu saja nir sama waktu orang akan bertransaksi dalam marketplace misalnya OLX, Bukalapak, Lazada,

Bangunlah kepercayaan orang yang mencoba menawar atau menanyakan barang yang anda jual dengan cara yang baik dan sopan, belajarlah dari para salesmen menjajakan produknya.

Jelaskan secara Spesifik barang yang akan anda jual, karena anda bisa saja menemukan calon pembeli yang banyak tanya walaupun sudah anda jelaskan, itu hal biasa sebagai ujian kesabaran anda.

Gunakan salam ketika memulai chat dengan calon pembeli, dengan demikian, ini sudah membangun kesan baik dari lawan interaksi anda.

2. Gunakan Profil Facebook yang Menarik

Menggunakan akun FB yang jelas akan menambah kepercayaan orang lain kepada anda (dokumen pribadi)

Calon pembeli yang cermat pasti akan mencari tahu dahulu identitas penjual barang yang ingin dibelinya. Identitas penjual di Facebook akan sangat mempengaruhi kelancaran penjualan anda.

Banyak kita temukan di Market Place Facebook yang menjual barang adalah bocah-bocah yang mungkin sekedar iseng saja. Jika kita melihat beberapa akun facebook penjual di market place Facebook barangkali kita mengurungkan niat untuk membelinya, karena tampilan profil facebook si penjual yang menakutkan. Ini bisa jadi salah satu faktor orang tidak percaya dengan apa yang anda jual.

Anda bisa memasang profil Facebook anda dengan nama asli, foto asli yang menarik dan sopan, alamat lengkap yang sesuai. Intinya anda harus jujur jika ingin mendapatkan pembeli yang jujur pula.

3. Gunakan Gambar Asli dan Menarik

Gambar yang menarik akan menarik banyak pelanggan anda (dokumen pribadi)

Keaslian dan kemenarikan gambar yang anda upload sebagai barang dagangan anda bisa memberikan kesan pertama yang baik bagi calon pembeli anda.

Gunakan gambar dengan kualitas baik, pengambilan angel yang pas, dan yang tidak kalah penting adalah gambar asli, bukan gambar barang milik orang lain yang anda pajang.

Ingatlah, calon pembeli anda bisa saja membatalkan transaksinya kepada ada ketika anda COD dan dia melihat barang yang anda bawa tidak sesuai dengan gambar yang anda posting.

4. Gunakan Deskripsi yang Jelas

Isilah deskripsi yang disediakan tersebut dengan benar dan jelas (dokumen pribadi)

Jangan malas untuk menuliskan deskripsi secara jelas pada barang dagangan anda. Isi semua item yang perlu diisi, tuliskan harga secara jelas. Calon pembeli anda di  marketplace facebook akan berselanjar mencari barang yang mereka inginkan dengan melihat harga yang tertera terlebih dahulu.

Jika anda menuliskan harga dengan tulisan Gratis atau 0, bisa jadi calon pembeli malas untuk membuka barang dagangan anda atau sekedar menanyakan lewat chat messenger. Karena calon pembeli saat ini ingin segala sesuatu yang jelas dan singkat yang bisa didapatkan dalam waktu singkat.

Ketika calon pembeli melihat barang yang anda pasarkan dia langsung tahu harganya, kualitasnya, tipe, dan lainnya mengenai barang tersebut. Jika ia berminat maka ia akan langsung menanyakan perihal pertemuan dan nego harga. Tidak perlu lagi anda saling ribet menanyakan warna, berat, atau apalah yang membuang-buang waktu.

5. Menambahkan Teman Tertarget

Perbanyaklah Teman yang Sedaerah denga anda untuk memudahkan transaksi

(dokumen pribadi)

Intinya  anda harus mencari orang-orang di Facebook yang kemungkinan memiliki ketertarikan dengan apa yang anda jual. Anda bisa menambahkan teman yang anda kenal atau pun tidak anda kenal.

Teman-teman anda di SD, SMP, SMA, kuliah, atau keluarga anda besar kemungkinan berteman karena memang kenal di dunia nyata. Ini bisa menjadi mangsa pasar pertama anda. Bagaimana pun barang dagangan yang anda pasarkan di Market Place facebook anda lebih mudah ditemukan oleh orang yang anda berteman dengannya.

Selain itu, anda perlu juga memperkirakan lokasi teman anda, usahakan perbanyak teman yang masih satu wilayah dengan anda (misal, provinsi, kabupaten, kecamatan, desa, atau bahkan RT).Hal ini berguna jika anda akan bertemu, lokasi yang dekat tentu akan memudahkan.

Bayangkan saja jika anda menjual handphone seharga 1 juta, lokasi anda di Jambi, sedangkan calon pembeli anda berlokasi di Makasar, anda mau COD di mana? di Selat Malaka? yang awalnya ia sangat tertarik dengan barang yang anda pasarkan, jadi pupus harapan. (Ded)

Tidak ada komentar:
Write komentar