Jumat, 01 Mei 2020

Strategi SEO di tahun 2016

Blogger Blog - Info Blog , berbicara tentang Strategi SEO tentu saja bukan merupakan sebuah thema bahasan yang basi atau usang. Strategi SEO ini telah banyak dibahas oleh para blogger (baik yang masih pemula ataupun mastah blogger), meskipun terkadang dalam ulasannya disisipkan praktek-praktek black hat SEO semacam keyword stuffing atau backlink farm (peternakan backlink)yang tentu saja hal ini akan berdampak buruk terhadap perkembangan sebuah blog untuk jangka panjangnya.

Dalam artikel tentang Kualitas Blog telah penulis uraikan cukup gamblang hal-hal yang berkaitan dengan aspek tingkat kualitas sebuah blog (baik di mata search engine maupun di mata pengunjung blog). Nah, untuk mencapai kualitas sebagaimana yang diuraikan dalam artikel tersebut, pada dasarnya membutuhkan dukungan sederetan aktivitas SEO yang positif pula. Dan hal ini akan penulis bahas dalam artikel sederhana berikut ini.

Blogger Blog, SEO 2016

Strategi SEO pada tahun 2016.

Berbicara mengenai strategi SEO yang bisa dijalankan dalam upaya mengelola sebuah blog (platform blogger khususnya) merupakan sebuah hal yang nisbi sulit buat diprediksi lantaran selalu mengalami perubahan & berkembang sesuai memakai ritme tuntutan jaman serta perkembangan tehnologi komunikasi (spesifiknya pada prosedur pemecahan search engine) yg masih ada. Salah satu bukti nyatanya merupakan penerapan algoritma Google MobileGeddon (yang dilansir di tahun 2015 lalu) yang menitik beratkan pemeringkatan sebuah web atau blog dalam aspek kemampuannya untuk mengikuti keadaan (secara otomatis) dengan banyak sekali macam perangkat device (terutama perangkat mobile) yang dipakai buat mengaksesnya (membuka web/blog). Dengan demikian taktik SEO buat saat ini telah mengalami pergeseran kegiatan dan harus buat lebih fokus pada pengunjung blog yg asal dari para pengguna perangkat mobile semacam smartphone

Setidaknya dalam hal ini penulis telah berhasil memetakan beberapa aktivitas SEO yang masih cocok (atau masih relevan) untuk diterapkan di tahun 2016 ini, sebagai berikut :

1. Konten yang Berkualitas (sebagai aspek yang paling utama)

Sampai saat ini konten yang original dan berkualitas masih menjadi raja untuk semua strategi SEO yang ada. Sebab Google sendiri telah mengatakan bahwa konten yang di tulis berdasarkan kaedah SEO dan kaya dengan informasi selalu menjadi prioritas utama bagi mesin pencari, jadi jangan heran bilamana ada blog-blog dengan konten yang berkualitas bisa langsung melejit ke halaman pertama hasil pencarian (SERP Google - sebagai acuan) dalam tempo yang lebih singkat. Konten yang original dan berkualitas bukan dibangun dengan beberapa kesalahan, dengan memperbanyak keywords, serta konten berkualitas tersebut tidak dibangun hanya untuk kepentingan mesin pencari saja, namun harus lebih fokus pada informasi-informasi untuk pengalaman pengguna (artinya harus lebih fokus untuk kepentingan pengunjung blog). Inilah yang menjadi sebab kenapa konten yang original dan berkualitas akan selalu mampu meraih kedudukan yang lebih tinggi pada hasil pencarian (SERP Google).

Sebagai seorang praktikkan pemasaran online sudah semestinya kita berpikir bagaimana untuk menghadapi strategi SEO di tahun 2016 ini. Sebab sudah bisa dipastikan bahwa pada tahun 2016 ini akan banyak sekali web dan blog bakal muncul dengan niche yang terbilang sangat banyak. Mulai dari blog pribadi, toko online, dan banyak lagi. Munculnya mereka bukan tidak mempunyai alasan yang kuat, sebab untuk saat ini dunia internet mempunyai potensi yang sangat subur dan menjanjikan sebagai lahan verifikasi profesi dengan bekal modal yang tidak begitu besar.

Untuk menghadapi kemungkinan pemasaran konten yang bermunculan di tahun ini yang mungkin tidak bisa kita bayangkan sebelumnya, maka sudah semestinya kita memperbarui sikap yaitu fokus pada strategi SEO yang sudah terbukti berdampak baik untuk menghadapi persaingan dan algoritma Google. Strategi SEO yang harus kita terapkan adalah dengan membangun beragam konten yang original dan berkulitas. Ini salah satu cara dan sudah terbukti dari tahun ke tahun selalu mendapat respon positif dari mesin pencari (semacam Google search engine) serta para pengguna lainnya, dan tentu saja mampu mengalahkan pesaing-pesaing di dunia internet.

2. Mengoptimalkan traffic dari perangkat mobile

Sekedar flashback ke tahun 2012, Score.com pernah meramalkan jika organic traffic yang datang dari perangakat mobile seperti smartphone akan seimbang bahkan mampu melebihi pengguna yang datang dari para pemakai desktop. Dan ternyata ramalan tersebut benar adanya. Terbukti di tahun 2014, hampir semua website bisnis telah membuat tampilan halaman website mereka responsif (liquid) yang artinya akan secara otomatis menyesuaikan dengan besar-kecilnya layar perangkat yang digunakan oleh pengguna (pengunjung web/blog). Google pun pernah mengatakan jika tampilan website yang responsif ini memiliki kesan yang lebih "ramah" dan terbukti mampu memberikan pengalaman yang terbaik bagi para visitornya. Teori tersebut diambil berdasarkan data dari CTR yang tinggi dan prosentase bounce rate (pentalan) yang rendah. Selain user friendly, tampilan web responsif juga terbukti search engine friendly (ramah search engine).

Bukti lainnyapun adalah dengan diterapkannya algoritma Google MobileGeddon pada tanggal 21 April 2015 lalu yang menitik beratkan peringkat sebuah blog pada kemampuannya untuk menyesuaikan diri (secara otomatis) dengan berbagai macam ukuran perangkat device yang dipergunakan untuk mengakses blog atau web tersebut. Algoritma ini membawa dampak yang tidak kecil, disamping tingkat responsivitas yang memadai, faktor kecepatan loading blog juga menjadi faktor pendukung yang memerlukan perhatian tersendiri.

3. Bangun Otoritas Domain

Sampai saat ini strategi SEO ini masih mempunyai nilai yang sangat baik, semakin tinggi otoritas domain yang kita bangun maka semakin tinggi pula nilai web dan blog kita. Sebenarnya bisa saya bilang bahwa otoritas domain ini menjadi salah satu ukuran atau barometer web dan blog kita setelah di hapusnya Page rank Google. Banyak pengamat SEO mengatakan bahwa ukurun dari popularitas situs, kini bisa dilihat dari otoritas domain mereka setelah Google resmi menghapus Pagerank, yang artinya tidak ada pilihan lain untuk ukuran seberapa baik situs tersebut hanya bisa di lihat dari DA (domain authority) dan PA (page authority).

Untuk membangun otoritas domain tidak lain dengan menerapkan beberapa cara, salah satunya dengan menerapkan link building yang aman serta lebih banyak menarik visitor dari mesin pencari. Dengan penerapan ini tentu anda sudah menerapkan strategi SEO di tahun 2016. Ini tidak akan sulit namun butuh kesabaran untuk bisa menerapkan strategi SEO kali ini.

4. Optimalkan channel sosial media

Media sosial dulunya hanya sebuah platform untuk berbagi konten dan konten yang menarik akan mendapatkan viral dari follower yang turut pula menyebarkannya. Namun saat ini, media sosial telah bergeser menjadi saluran pemasaran yang cerdas dan efektif, bahkan banyak perusahaan telah menggunakan sosial media untuk berinteraksi dengan konsumennya. Gunakanlah sosial media seefektif mungkin selain menggunakan channel lain seperti SEO dan SEM (Adword). Menggunakan sosial media secara positif juga bisa menjadi salah satu strategi marketing online yang murah namun efektif.

5. Optimalisasi Schema Markup

Setelah Google resmi menghapus author markup dari hasil pencarian, kini strategi SEO melirik pada penerapan schema markup (yang di usung oleh schema.org) yang menjadi salah satu organisasi rujukan beberapa mesin pencari di internet. Untuk itu bila web atau blog anda yang belum menerapkan schema markup dengan benar untuk strategi SEO 2016 ini, sudah waktunya untuk membenahi semua kesalahan data struktur yang berada di halaman web atau blog anda. Karena mesin pencari atau search engine untuk sekarang ini akan menampilkan website kita di hasil pencarian berdasarkan hasil tangkapan mereka. Semakin baik struktur yang terdapat pada web atau blog anda maka akan semakin baik juga hasil indeks dari mesin pencari. Inilah kenapa schema markup menjadi salah satu strategi SEO di tahun ini.

Selain kita berusaha menerapkan beberapa aturan schema markup, tidak kalah pentingnya kita harus menerapkan juga pedoman-pedoman dari webmaster Google. Beberapa waktu yang lalu Google menambahkan beberapa tool yang tujuannya adalah untuk mengetahui bahasa situs dan usefulness Mobile. Kedua tool yang di tambahkan oleh Google ini jangan anda anggap remeh, sebab bila anda tidak bisa untuk menerapkan kedua tool ini kemungkinan besar Google akan memberikan pengecualian pada web atau blog anda. Lantas apa yang harus kita lakukan untuk mengatasi masalah ini ?

Terapkan Tag hreflang : ini salah satu aturan webmaster untuk menerapkan lokasi dan bahasa dalam situs kita, untuk caranya bisa lihat di halaman cara menambahkan tag hreflang.

Terapkan Template Responsive : bagi anda yang belum menggunakan template responsive sudah seharusnya anda terapkan untuk strategi SEO di tahun 2016. Sebab sudah kita ketahui dengan adanya tool usefulness Mobile di webmaster membuktikan bahwa Google selalu memperhatikan pengalaman pengguna sebagai aspek utamanya. Jika web atau blog anda tidak bisa dimuat oleh semua browser mobile kemungkinan web atau blog anda akan mendapatkan pengecualian di hasil pencarian (SERP).

6. Content marketing

Mendapatkan backlink secara natural adalah lebih baik daripada membangun backlink secara sembarangan (lewat backlink farm). Kelihatannya hampir sama, akan tetapi sesungguhnya keduanya memiliki perbedaan. Mendapatkan backlink dengan natural adalah ketika visitor menganggap suatu konten yang mereka temukan di sebuah website atau blog memiliki nilai informasi yang bermanfaat. Dikemas dengan gaya bahasa semenarik mungkin adalah nilai plusnya yang membuat mereka dengan senang hati dan tanpa ragu menyebarkannya secara viral melalui sosial media kepada follower ataupun rekan-rekannya. Inilah yang disebut dengan content marketing. Keuntungan membangun bisnis di Indonesia adalah karena salah satu perilaku konsumen di Indonesia yang bisa menjadi konsumen sekaligus marketing Anda secara gratis dimana saat konsumen Anda merasa puas, maka mereka pun tak akan segan-segan untuk merekomendasikannya kepada orang lain.

7. Aktif di forum-forum Internet

Pada awalnya penulis tidak terlalu memperhatikan aktivitas-aktivitas di forum-forum online, namun setelah penulis pelajari lebih jauh, aktivitas di forum-forum online ini ternyata membawa dampak yang cukup signifikan untuk mengembangkan popularitas sebuah blog (salah satu aspek strategi SEO). Beberapa situs forum online bahkan telah dapat menghasilkan backlink yang cukup berkualitas di mata search engine. Aktivitas di forum-forum online ini tentu saja bukan sekedar memberikan komentar-komentar terhadap sebuah artikel, namun upayakan untuk menelorkan thread-thread yang positif dan bermanfaat bagi banyak anggotanya.

Demikianlah sedikit ulasan tentang Strategi SEO di tahun 2016, semoga dapat memberikan manfaat yang positif buat kita semua. Salam Blogger.

Tidak ada komentar:
Write komentar