Jumat, 08 Mei 2020

Standart pemilihan template blog

Blogger Blog lewat artikel ini ingin berbagi pengalaman tentang standart pemilihan template blog, terutama setelah berlakunya algoritma Google MobileGeddon per tanggal 21 April 2015 yang lalu. Secara tersurat MobileGeddon men-syaratkan pemakaian Responsive Template bagi sebuah situs atau blog agar dapat memperoleh ranking yang bagus di mata Google search engine atau mungkin search engine yang lain semacam Yahoo dan yang lain-lain.

Pada artikel yang lalu, yaitu artikel tentang memilih template yang baik telah penulis uraikan secara singkat cara-cara memilih template blog yang baik. Dan pada kesempatan ini penulis ingin menguraikannya secara lebih rinci agar para sahabat blogger semua dapat memperoleh panduan standart untuk memilih template blog yang baik, khususnya dalam upaya mengembangkan blog yang dimilikinya.

Di era MobileGeddon dewasa ini, pemilihan sebuah template blog tidak lagi dapat didasarkan kepada tampilan template dan atau fasilitas-fasilitas yang tersedia dalam sebuah template blog. Namun lebih dari pada itu. Tampilan sebuah template blog yang bagus tentu saja akan mempergunakan berbagai macam text Javascript yang banyak pula, hal inilah yang tidak disukai oleh Google search engine. Dalam kasus ini para sahabat dapat membuktikannya dengan mempergunakan Google PageSpeed Insight. Text Javascript ini sangat berpotensi untuk menutup atau memblokir render sebuah blog, yang pada akhirnya akan memperlambat proses loading blog tersebut. Dan saya secara pribadi telah membuktikan hal tersebut sampai pada akhirnya memutuskan untuk melakukan pergantian template blog dengan mempergunakan Optimum Responsive Template buatan Kang Hendro ini.

Standart pemilihan template blog yang baik di era MobileGeddon ini setidaknya harus didasarkan kepada tiga hal penting, yaitu tingkat kecepatan loading template, tingkat responsivitas template dan terakhirnya adalah tingkat optimasi SEO sebuah template blog. Ketiga hal tersebut harus menyatu dalam sebuah rangkaian kombinasi template blog agar dapat mengangkat performa sebuah blog di mata berbagai search engine, khususnya Google search engine (yang dalam hal ini telah menyediakan banyak fasilitas yang dapat dipergunakan untuk meningkatkan performa sebuah blog).

Tingkat kecepatan loading template blog.

Kecepatan loading sebuah blog ini, pertama kali sangat ditentukan oleh kombinasi script HTML sebuah template blog dan baru kemudian hal-hal yang berkaitan dengan optimasi gambar-gambar postingan blog. Untuk mempercepat loadingnya, sebuah template blog harus tidak banyak mempergunakan kombinasi text Javascript, karena jenis text ini sangat potensial untuk menghambat proses loading sebuah blog.

Contoh konkritnya adalah Optimum Responsive Template yang dipergunakan dalam Blogger Blog ini, dari hasil uji kecepatan diperoleh gambaran berikut ini.

Blogger Blog, standart-01

Gambar di atas diperoleh dari hasil uji dengan mempergunakan Google PageSpeed Insight yang menunjukkan hasil cukup optimal yaitu 96/100.

Gambar berikut ini hasil uji dengan mempergunakan GT Metrix.

Blogger Blog, standart-02

Hasil uji dengan mempergunakan GT Metrix nampak tidak begitu menggembirakan karena hanya berada pada score 89 % atau grade B. Hal ini jelas merupakan dampak dari kurangnya penulis melakukan optimasi terhadap mayoritas gambar-gambar postingan blog. Namun meski bagaimanapun, hasilnya masih tetap di atas 80%, dengan page load time yang hanya sekitar 2.52 sc (masih di bawah batas ambang 4 sc).

Tingkat Responsivitas Template Blog.

Dengan berlakunya MobileGeddon, maka responsivitas sebuah template blog tidak dapat ditawar-tawar lagi dan sudah merupakan semacam "harga mati" yang ditetapkan oleh Google. Responsivitas sebuah template blog ini bukan hanya sekedar responsive biasa, namun dalam hal ini ada banyak faktor yang harus diperhatikan dalam kaitannya dengan tingkat responsivitas sebuah template blog. Tingkat responsivitas template ini menjadi penting, manakala blog kita diakses dengan mempergunakan perangkat seluler atau perangkat-perangkat mobile/smartphone.

Bukti responsifitas sebuah template blog adalah seperti gambar di bawah ini.

Blogger Blog, standart-03

Gambar tersebut merupakan hasil uji Optimum Responsive Template yang dipergunakan dalam Blogger Blog ini dengan mempergunakan alat Pengujian Situs Mobile Friendly milik Google Webmaster. Hasil yang jelas terbaca adalah dengan munculnya komentar "Mengagumkan ! Laman ini mobile-friendly".

Tingkat Optimasi SEO sebuah Template Blog.

Faktor optimasi SEO sebuah template blog merupakan sebuah faktor penunjang yang tidak dapat diremehkan begitu saja dan tetap harus menjadi pertimbangan utama. Faktor optimasi SEO ini sangat membantu sebuah situs atau blog dalam kaitannya dengan menempati urutan penting dalam daftar hasil pencarian (berdasarkan kata kunci tertentu) oleh search engine atau mesin telusur. Sebuah situs atau blog yang mampu tampil dalam daftar 10 besar halaman pertama memiliki kans yang lebih tinggi untuk mendapatkan kunjungan yang optimal.

Contoh hasil uji optimasi SEO pada template Blogger Blog ini adalah seperti gambar di bawah ini.

Blogger Blog, standart-04

Hasil uji yang mengagumkan mencapai score maksimal 100%.

Demikianlah uraian penulis tentang standart pemilihan template blog yang baik, khususnya di era MobileGeddon dewasa ini. Hasil-hasil yang dicapai seperti tertuang dalam gambar-gambar di atas, semuanya tidak lepas dari pemakaian Optimum Responsive Template . Semoga dapat bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Write komentar