Selasa, 05 Mei 2020

Speaker Pintar Made in Indonesia Bisa Pantau Informasi Covid-19

Blog Infomasi - Masa pandemi Corona atau COVID-19 belum berakhir. Masa Pandemi ini mendorong warga buat berpikir kreatif dan cerdas. Banyak hal positif yg bisa dihadirkan berdasarkan buah pikiran insan pada masa pandemik ini.

Speker Pintar Buatan Indonesia, Widya Wicara Prima Bisa Memberikan Informasi COVID-19 (image: kompas.com)

Salah satunya yang sedang trending waktu ini merupakan sebuah speker yg bisa memberikan warta seputar COVID-19. Speaker pandai (smart speaker) buatan Indonesia bernama Widya Wicara Prima ini diluncurkan oleh PT Widya Informasi Nusantara (Widya Wicara).

Layaknya smart speaker pada umumnya, perangkat ini memiliki kemampuan untuk menerima

Hal Menariknya, speaker Widya Wicara Prima ini juga bisa  memberikan informasi terkini seputar pandemi Covid-19.

"Widya bisa memberikan update terkait virus corona yang melanda Indonesia saat ini. (Fitur) ini kami kemas dalam 'Pantau Corona'," ujar Chief Operation Officer PT Widya Informasi Nusantara, Patrick Simamora dalam konferensi pers virtual, dilansir dari kompas.com Selasa (12/5/2020).

Menurut Patrick, dengan adanya fitur Pantau Corona, pengguna speaker Widya Wicara Prima dapat melontarkan beragam pertanyaan terkait virus yang menyebabkan Covid-19 itu. Seperti jumlah kasus positif corona, jumlah pasien yang sembuh, jumlah pasien yang meninggal, dan lain sebagainya.

Pengguna juga bisa meminta Widya, asisten digital speaker ini untuk memberikan informasi perkembangan virus corona berdasarkan wilayah. Baik secara keseluruhan (dunia), berdasarkan negara, maupun berdasarkan provinsi secara spesifik.

Misalnya, ketika pengguna ingin mengetahui informasi tentang kasus positif virus corona di Jakarta, mereka cukup melontarkan pertanyaan "Halo, Widya, berapa jumlah kasus positif virus corona di Jakarta?".

BACA JUGA: Cara Menjaga Batrai Aki Pada Mobil Agar Tidak Mudah Mogok

Contoh lainnya, jika pengguna ingin mencari tahu berapa orang yang sembuh dari Covid-19 di seluruh dunia, mereka bisa menanyakan "Berapa orang yang sembuh dari virus corona di dunia?".

Berdasarkan informasi yang kami rangkum dari kompas.com, aplikasi Widya Wicara ini,  menggandeng situs kawalcorona.com untuk memberikan data terbaru soal Covid-19.

Situs tersebut dibuat dan dikelola oleh komunitas asal Indonesia bernama Ethical Hacker Indonesia.

Situs kawalcorona.com sendiri merangkum data seputar pandemi Covid-19 berdasarkan informasi terikini yang dirilis oleh Kementerian Kesehatan.

BACA JUGA: Tiga Aplikasi Edit Video Keren, Mudah, dan Gratis PC

Semoga saja masa pandemik ini meningkatkan kreativitas anak bangsa dalam menangangani virus corona. (ded)

Tidak ada komentar:
Write komentar