Minggu, 03 Mei 2020

Kualitas Blog = Kualitas Postingan Blog

Blogger Blog pada artikel ini ingin sekali membuka wawasan di dunia blogging yang berkaitan dengan prinsip " Kualitas Blog = Kualitas Postingan Blog ", yang pada dasarnya merupakan sebuah prinsip utama dan sering kali menjadi sebuah hal yang terlupakan dalam aktivitas blogging kita. Sering kali kita terlalu sibuk memikirkan tentang langkah-langkah atau strategi SEO apa lagi yang pantas untuk dipergunakan, atau sibuk berpikir tentang masalah-masalah backlink berkualitas. Kita lupa, bahwa serangkaian aktivitas tersebut pada dasarnya hanya merupakan aktivitas pendukung terhadap kepemilikan sebuah artikel atau postingan blog yang berkualitas. Kualitas Postingan Blog seharusnya merupakan hal pertama dan paling utama untuk kita pikirkan keberadaannya.

Blogger Blog, Rahasia Konten Blog

Sebuah postingan blog yang berkualitas, tentu saja akan dengan mudah menarik minat pengunjung blog maupun mesin crawl (search engine) untuk menempatkannya pada kasta tertentu di sebuah daftar hasil pencarian (SERP). Di mata pengunjung blog, sebuah postingan blog yang berkualitas akan memberikan kegunaan atau manfaat tertentu sehingga pada akhirnya dapat mendulang pageview dengan jumlah yang cukup signifikan.

Memang kualitas postingan blog ini bukan segala-galanya, masih banyak faktor lain yang harus dan wajib diperhatikan pula, diantaranya adalah : upaya-upaya promosi dan sosialisasi terhadap postingan atau artikel blog itu sendiri. Namun upaya-upaya promosi maupun sosialisi ini tentu tidak akan membawa dampak yang positif manakala postingan blog yang kita promosikan tersebut tidak memiliki derajat kualitas tertentu yang membedakannya dengan postingan-postingan blog sejenis (milik blogger-blogger lain) dan telah lebih dahulu ada atau dipromosikan (telah diindex oleh search engine).

Upaya-upaya promosi maupun sosialisasi ini pada dasarnya hanya merupakan langkah-langkah lanjutan dan sama sekali tidak ikut berperan untuk menentukan derajat kualitas sebuah blog. Postingan atau artikel-artikel blog yang berkualitas lah yang memegang kendali utama dalam hal ini. Kita semua pasti telah memiliki pemahamanan yang sama yaitu "Esensi dasar sebuah blog terletak pada keberadaan postingan-postingan atau artikel-artikel yang dimilikinya". Tidak ada sebuah blog pun yang bisa berdiri tanpa ada sejumlah postingan atau artikel sebagai komponen utamanya. Upaya-upaya SEO termasuk backlink di dalamnya hanyalah merupakan sarana atau strategi agar postingan-postingan blog tersebut mendapatkan perhatian tertentu, baik di mata search engine ataupun di mata pengunjung blog.

Bagaimana cara membuat Konten yang berkualitas, silahkan BACA DI SINI .

Dahulu, sampai dengan awal-awal tahun 2013 sangat mudah menentukan kualitas sebuah blog dengan hanya kita lihat PageRank blog yang bersangkutan. Namun sejak awal-awal tahun 2014 semuanya menjadi lain, karena update PageRank oleh Google tidak juga kunjung tiba. Dan sejak saat itu sangatlah sulit bagi kita untuk menentukan derajat kualitas sebuah situs atau blog, terutama blog-blog pribadi semacam yang aku miliki ini. Ada sebagian blogger yang mengusulkan penilaian tingkat kualitas sebuah situs atau blog berdasarkan DA dan PA, namun dalam hal ini saya pribadi sama sekali tidak sepakat. Dalam kacamata saya, Kualitas Blog berbanding lurus dengan Kualitas Postingan Blog yang bersangkutan.

Sebuah postingan blog yang berkualitas tentunya akan memiliki tingkat relevansi yang tinggi dengan rangkaian kata kunci pengunjung blog saat memulai aksi berselancarnya (di dunia maya) menggunakan bantuan search engine, semacam Google search engine. Postingan dengan tingkat relevansi yang tinggi tersebut, pada akhirnya akan mampu menghasilkan pageview dengan tingkat kuantitas yang tinggi pula. Hal ini tentu saja berpengaruh positip terhadap eksistensi sebuah blog secara keseluruhan. Pageview Blog berbanding lurus dengan jumlah Pageview Halaman-halaman Blog.

Untuk membuat sebuah postingan blog yang berkualitas tentunya harus dimulai dengan memikirkan judul postingan yang berkualitas pula, artinya judul tersebut harus memiliki daya magnet tertentu untuk memikat pikiran pengunjung maupun search engine. Sebuah judul postingan blog yang mampu melibatkan emosi calon pengunjungnya tentu akan membawa dampak yang lebih bagus bila dibandingkan dengan judul postingan yang biasa-biasa saja (untuk satu macam topik bahasan yang sama). Perhatikan kedua contoh judul berikut ini :

  1. Cara merebut peringkat pertama hasil SERP
  2. Menang Persaingan peringkat pertama hasil SERP

Kedua judul tersebut di atas tentu saja sama-sama membahas sebuah topik tentang cara meraih posisi pertama pada hasil SERP. Judul yang kedua jelas-jelas lebih melibatkan emosi calon pengunjung dengan memanfaatkan kata-kata "menang persaingan". Ada semacam hasil positip yang ditawarkan lewat penulisan judul yang kedua tersebut di atas. Dengan ini diharapkan dapat menggugah minat pengunjung untuk mengakses postingan blog secara keseluruhan.

Langkah-langkah selanjutnya untuk menaikkan kualitas sebuah postingan blog, tidak lain dan tidak bukan hanyalah melakukan pembahasan thema atau topik yang bersangkutan secara menyeluruh (kupas-tuntas), dalam hal ini dapat mempergunakan berbagai dukungan alat-alat visualgrafis (data statistik, tabel dan lain-lain) maupun video. Dengan melakukan pembahasan yang tuntas, maka dalam hal ini kita tidak perlu lagi berpikir masalah jumlah kata yang dipergunakan, karena sudah barang tentu membutuhkan jumlah kata-kata yang banyak. Membahas satu topik secara tuntas tidak berarti harus bertele-tele atau berputar-putar dengan statement yang diulang-ulang. Postingan yang berkualitas tidak berarti harus bertele-tele, jelaskan segala sesuatunya secara sistematis dengan alur pemikiran yang runut dan terstruktur.

Supaya tidak bertele-tele, maka saya akhiri saja postingan ini, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Write komentar