Kamis, 07 Mei 2020

Ganti pakai Optimum Responsive Template

Blogger Blog kali ini berkisah tentang pergantian template blog ini dengan Optimum Responsive Template yang dibuat dan dikembangkan oleh Kang Hendro. Model template (for blogger) ini memang sesuai dengan namanya, optimal hasilnya dari berbagai tes atau "uji kelayakan", mulai dari mempergunakan Google PageSpeed Insight, GT Metrix sampai kepada chkme.com (untuk SEO score).

Pemilihan Optimum Responsive Template ini bukan tanpa alasan, dalam artikel terdahulu saya pernah tuliskan tentang meningkatkan performa blog , namun bilamana performa blog Blogger Blog ini masih di bawah rata-rata berarti tulisan tersebut tidak akan ada artinya. Oleh karena sebab itulah, maka dalam hal ini saya berupaya keras untuk mencari template blog (responsive template) yang memang benar-benar optimal di segala lini. Dan dalam hal ini pilihan saya jatuh kepada Optimum Responsive Template buatan Kang Hendro ini (segala konsekwensinya).

Berikut ini saya sampaikan pula hasil perbandingan performa Blogger Blog ini sebelum dan sesudah pergantian template blog.

Sebelum pergantian template (atau masih mempergunakan template yang lama).

Blogger Blog, performa lama

Performa blog dengan mempergunakan template lama jelas-jelas berada pada score 65/100 untuk versi selulernya. Sebuah hasil atau performa yang sangat-sangat tidak menggembirakan bagi penulis.

Setelah pergantian template (mempergunakan Optimum Responsive Template).

Blogger Blog, performa baru

Performa blog dengan mempergunakan Optimum Responsive Template menunjukkan score yang fantastis yaitu 96/100 untuk versi selulernya. Hasil ini sangat jauh dibandingkan dengan masih mempergunakan template yang lama.

Kedua hal tersebut di atas lah yang dalam hal ini mendasari keputusan penulis untuk mengganti template blog Blogger Blog ini dengan memakai Optimum Responsive Template buatan Kang Hendro. Dalam kacamata penulis (pribadi) template model inilah yang cocok atau sesuai dengan algoritma Google MobileGeddon yang telah berlangsung sejak tanggal 21 April 2015 kemarin.

Algoritma Google MobileGeddon memanga mensyaratkan pemakaian Responsive Template untuk sebuah situs atau blog, namun dalam kacamata saya pribadi, tidak cukup hanya sekedar responsive template biasa, ada sesuatu hal rahasia dibalik itu semua, yaitu faktor kecepatan loading blog tang dapat diuji dengan mempergunakan Google PageSpeed Insight maupun GTMetrix, dan yang lebih penting adalah faktor SEO standart yang dapat diuji paling tidak dengan mempergunakan chkme.com maupun dengan mempergunakan Webmaster Tool.

Demikianlah uraian penulis tentang pergantian template blog dengan mempergunakan Optimum Responsive Template ini, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Write komentar