Minggu, 03 Mei 2020

Blogger Mrongos punya Blog Berkualitas

Blogger Blog , pada kesempatan ini ingin sekedar berbagi opini tentang " Blogger Mrongos punya Blog Berkualitas " yang pada dasarnya merupakan kondisi ketidak berdayaan seorang blogger (siapapun dia, tidak pandang bulu) melawan "kekuasaan" berbagai macam algoritma search engine yang selalu berubah dari masa ke masa dengan berbagai macam dalih-dalih "penyempurnaan" dan "penyesuaian kondisi jaman". Algoritma search engine memang selalu mengalami perubahan yang membawa dampak signifikan terhadap eksistensi sebuah situs atau blog, mulai dari penurunan jumlah visitor, adsense yang tidak mau tampil sampai kondisi yang terburuk adalah hukuman "banned" oleh search engine.

Blogger Mrongos adalah merupakan sebuah lambang ketidak berdayaan seorang blogger (siapapun dia, mau blogger kawakan ataupun blogger pemula) menghadapi segala macam perubahan ketentuan dan peraturan yang mengikat keberadaan situs atau blog miliknya agar tetap dapat bertengger di arena kejam dunia search engine. Istilah " mrongos " adalah merupakan wujud kekurangan seseorang secara fisik, yang membuatnya berbeda dari kebanyakan sesamanya. Namun "kekurangan" ini pun bisa menjadi berkah tersendiri bilamana yang bersangkutan tersebut mampu untuk meng-eksplore "kekurangan" nya itu menjadi sebuah "kelebihan" yang tidak dimiliki oleh banyak orang.

Banyak sudah contoh-contoh nyata dalam dunia ke-artis-an, dimana ada beberapa artis-artis "mrongos" ternyata berhasil menuai popularitas tertentu yang menghasilkan banyak rupiah di kantongnya. Bahkan ada di antaranya yang berhasil memiliki lebih dari satu isteri. Inilah wujud nyata kemampuan merubah "kekurangan" tersebut menjadi sebuah "kelebihan" yang tidak banyak bahkan jarang dimiliki oleh orang lain.

Kembali ke masalah "blogger mrongos" ini, dalam konteks ini dia merupakan lambang ketidak berdayaan seorang blogger dalam menghadapi persaingan sengit akibat tekanan-tekanan algoritma search engine yang sedemikian mudah berubah dengan membawa dampak yang tidak kecil. Dalam topik postingan ini, penulis akan mengurai ketidak berdayaan seorang blogger (dengan senjata blog gratisan) yang sedang berusaha untuk memiliki sebuah blog yang berkualitas , baik di mata pengunjung maupun di mata search engine (sebagai raksasa penentu eksistensi sebuah situs atau blog).

Untuk dapat memiliki predikat berkualitas di mata pengunjung, langkah pertama yang patut diperhatikan oleh seorang blogger adalah memperbaiki kondisi internal situs atau blog yang dimilikinya, dengan harapan dapat listing pada peringkat ekslusive di mata search engine. Dengan keberhasilan untuk bertengger pada sebuah posisi elite pada sebuah halaman pencarian mesin telusur ini, maka ia hanya dapat berharap memperoleh kuantitas kunjungan dalam jumlah tertentu untuk meningkatkan kualitas situs atau blog yang sedang dikembangkannya itu.

Memperbaiki kondisi internal situs atau blog.

Langkah pertama yang harus dilakukannya adalah melakukan analisa berkaitan dengan tingkat kesehatan situs atau blog yang akan dan atau sedang dikembangkannya tersebut. Analisa ini dilakukan dengan bantuan Webmaster Google untuk mengetahui kondisi dasar situs atau blog yang dimilikinya tersebut, terutama berkaitan dengan ada tidaknya berbagai macam Crawl-error (kesalahan perayapan) yang terjadi. Contoh hasil analisa tersebut seperti gambar di bawah ini.

Blogger Blog, Banner-01

Dalam gambar hasil analisa tersebut jelas terlihat tidak ditemukan adanya Crawl-error pada sebuah situs (dalam analisa tersebut, penulis mempergunakan situs atau Blogger Blog ini sendiri).

Langkah kedua kita harus memastikan bahwa situs atau blog yang kita miliki tidak sedang terkena hukuman atau penalty dari pihak Google, dan hal ini dapat kita analisa lewat situs Google Sandbox , dengan contoh hasil analisa seperti di bawah ini :

Blogger Blog, Banner-02

Dari contoh gambar di atas kita dapat membuktikan bahwa sebuah situs atau blog berada pada kondisi aman dari jeratan Google Sandbox tersebut, dalam hal ini penulis memakai blog ini sebagai contoh untuk melakukan tindakan analisa.

Langkah ketiga adalah menganalisa seberapa cepat proses loading halaman situs atau blog yang kita miliki. Prinsipnya adalah : semakin cepat proses loading sebuah halaman situs atau blog akan semakin baik (di mata pengunjung maupun di mata search engine). Contoh hasil analisanya seperti gambar di bawah ini dengan mempergunakan bantuan Google PageSpeed Insights .

Blogger Blog, Banner-03

Langkah keempat, adalah berkaitan dengan berlakunya algoritma MobileGeddon yang menghendaki model responsive template sebuah situs atau blog, dan untuk hal tersebut kita memanfaatkan fasilitas Google Mobile Friendly untuk melakukan pengujian, dan contoh hasilnya adalah seperti gambar di bawah ini :

Blogger Blog, Banner-04

Dengan memiliki keberhasilan lolos uji ke-empat faktor tersebut di atas, maka seorang "blogger mrongos" paling tidak telah memiliki sebuah senjata andalan untuk mencapai cita-cita sebuah "Blog Berkualitas". Kepemilikan tersebut sudah terbentang luas di depan mata, dan kini dia hanya perlu menyempurnakan keberhasilan tersebut dengan beberapa faktor tambahan yang juga tidak dapat diremehkan keberadaannya.

Untuk lebih jelasnya perihal faktor-faktor tambahan yang harus juga dipenuhi, silahkan anda menuju ke artikel ini : Dasar-dasar Pembuatan sebuah blog .

Demikianlah opini penulis tentang Blogger Mrongos punya Blog Berkualitas, semoga uraian ini dapat memberikan motivasi tersendiri bagi kita semua untuk tidak mudah menyerah pada keterbatasan atau kekurangan yang kita miliki. Kita hatus dapat merubah "kekurangan" tersebut menjadi sebuah "kelebihan" yang mampu mendatangkan keuntungan berarti baik secara mental maupun lahiriah.

Tidak ada komentar:
Write komentar