Sabtu, 09 Mei 2020

Blogger Blog, meningkatkan performa blog

Blogger Blog pada artikel ini akan sedikit mengupas tentang cara meningkatkan performa sebuah blog agar memiliki kekuatan penuh untuk bersaing dengan jutaan bahkan puluhan juta blog-blog lain yang telah terindeks oleh Google dengan kemiripan niche atau bahkan deskripsi blog yang sama. Performa maksimal sebuah blog ini semakin menjadi penting dengan berlakunya Google MobileGeddon, karena algoritma ini mengisyaratkan kemampuan sebuah template blog untuk menyesuaikan diri dengan berbagai macam ukuran layar yang dipergunakan untuk mengaksesnya.

Blogger Blog, performa blog

Dalam kacamata penulis, bukan saja pemakaian Responsive Template yang wajib kita perhatikan, tetapi performa maksimal sebuah blog pula harus menjadi perhatian primer supaya nir sebagai berat atau lambat saat diakses menggunakan mempergunakan perangkat mobile atau smartphone (yg menurut Google sudah dipakai sang hampir 80 % penggunanya).

Performa maksimal sebuah blog tentu saja berkaitan memakai perkara kecepatan loading blog tersebut yang pada hal ini sangat dipengaruhi sang performa template blog yg dipergunakan ditambah menggunakan sedikit banyaknya pemasangan widget-widget pembantu pada sebuah blog. Pemasangan widget pembantu ini (semacam Facebook Fanspage, widget Twitter & lain-lain) dalam satu kasus (menurut pengalaman penulis) berpotensi buat menurunkan performa sebuah blog (dalam hal kecepatan loadingnya). Hal lain yg sangat mempengaruhi performa blog ini adalah kombinasi script HTML yang digunakan pada sebuah template blog. Mari kita perhatikan gambar-gambar perbandingan output monitoring ini dia.

Gambar 1. Sebelum dilakukan perbaikan.

Blogger Blog, monitoring-01

Perhatikan "Page Load Time" yang menunjukkan angka 4.73 sc (di atas batas maksimal 4 sc).

Gambar 2. Setelah dilakukan perbaikan.

Blogger Blog, monitoring-02

Dalam semua aspek terlihat peningkatan yang cukup signifikan, terutama "Page Load Time" yang hanya berkisar pada angka 2.06 sc (jauh di bawah batas maksimal 4 sc).

Berikut ini adalah upaya-upaya perbaikan yang telah penulis lakukan untuk meningkatkan performa Blogger Blog ini.

1. Mengoptimalkan pemakaian HTML Optimizer.

HTML Optimizer ini sangat membantu terutama untuk meng-compress rangkaian kombinasi script HTML yang terdapat dalam sebuah template blog. Tujuang melakukan compress ini adalah untuk meningkatkan performa atau mempercepat pembacaan rangkaian template blog oleh mesin pencari, dan dengan demikian sudah barang tentu akan meningkatkan kecepatan loading sebuah blog.

Tentang optimizer tool ini, blog Blogger Blog telah menyediakan fasilitasnya pada bagian Optimizer, silahkan anda pergunakan dengan sebaik-baiknya.

2. Mengganti berbagai fasilitas widget yang ada.

Beberapa fasilitas widget yang penulis ganti terutama adalah Widget Related Post yang biasanya terletak di bagian bawah setiap postingan. Widget Related Post dalam blog ini telah penulis ganti dengan yang lebih ringan dari pada widget yang terdahulu. Pemakaian related post yang sekarang adalah related post yang hanya menampilkan judul-judul postingan dengan tanpa menyertakan thumbnail. Ternyata penggantian ini cukup banyak membantu.

3. Menghilangkan pemakaian beberapa widget.

Demi untuk mengejar performa blog yang maksimal, maka penulis menghilangkan beberapa fitur widget penunjang semacam Blog Follower, Facebook Fanspage dan Widget Twitter. Pemakaian widget-widget ini dalam sebuah blog ternyata berpotensi memperberat loading blog yang bersangkutan. Oleh karenanya dalam kesempatan ini saya sarankan kepada anda untuk mempergunakan widget-widget tersebut manakala dirasa memang benar-benar diperlukan untuk menunjang eksistensi blog.

4. Meniadakan fitur thumbnail pada widget Popular Post.

Meniadakan atau tidak mempergunakan fitur thumbnail pada widget popular post ini sebenarnya merupakan langkah tambahan, namun dampaknya penulis rasakan sangat signifikan dalam membantu meningkatkan performa sebuah blog dalam arti meningkatkan kecepatan loadingnya.

Demikianlah uraian penulis tenang cara-cara meningkatkan performa blog, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Write komentar