Jumat, 08 Mei 2020

Blogger Blog, memilih template yang baik

Blogger Blog kali ini akan membedah perihal cara memilih template blog yang baik terutama yang mampu mendukung serta mempertahankan eksistensi sebuah blog dari persaingan jutaan bahkan puluhan juta blog yang telah terindeks oleh Google, dan tentu saja memiliki niche yang sama pula. Dengan tidak berlakunya pemeringkatan berdasarkan keyword blog, maka sebagai admin blog, dalam hal ini penulis harus dapat mencari solusi lain, yaitu memilih template blog yang memang benar-benar bagus, baik dari sisi SEO, responsivitasnya maupun dari sisi kecepatan loadingnya.

Terus terang, penulis dalam hal ini masih belum terlalu puas dengan performa template yang dipergunakan dalam blog ini. Memang dari berbagai segi, sepertinya template blog ini cukup bagus dan memadai. Tapi nanti dulu, mari kita periksa secara lebih mendalam.

Salah satu faktor penentu bagus tidaknya sebuah template blog adalah terletak pada kecepatan loadingnya, yang dalam hal ini dapat dimonitor dengan mempergunakan GTMatrix. Mari kita perhatikan hasil monitoring template blog ini dengan memperhatikan gambar di bawah ini.

Blogger Blog, gtmetrix-02

Sepintas kita dapat merasa bangga bila memperhatikan hasil monitoring di atas, karena blog Blogger Blog ini memiliki kualifikasi A (91 %) untuk "Page Speed Grade", namun bila kita perhatikan lebih jauh, blog ini memiliki "Page Loading Time" yang tidak terlalu bagus yaitu 4.73 sc dan melebihi ambang batas sebuah blog (template blog) yang bagus yaitu di bawah 4 sc.

Mari kita perbandingkan dengan blog aku yang lainnya berikut ini  ..........................

Blogger Blog, gtmetrix-02

Blog tersebut sama-sama memiliki Page Speed Grade : A (90 %), namun blog yang satu ini memiliki "Page Loading Time" yang hanya 2.72 sc, masih jauh di bawah ambang batas 4 sc. Artinya, blog aku yang kedua tersebut jauh lebih bagus performanya bila dibandingkan dengan Blogger Blog ini.

Apa yang membedakan di antara kedua blog tersebut ? Jawabannya hanya satu dan pasti .... adalah pemakaian Template Blog yang berbeda. Tiap-tiap template blog tentu memiliki kombinasi script-script HTML yang berlainan, dan pemakaian script-script HTML template inilah yang menyebabkan bagus tidaknya sebuah template blog. Satu hal lagi yang perlu diperhatikan adalah, terkadang sebuah template tersebut sudah memiliki berat yang lebih sejak pertama kali dibuat, namun dengan mempergunakan "script penunjang tertentu" dari Bootstrap, maka berat blog yang asli dapat diminimalisir. Dari kacamata user atau pengunjung, hal tersebut tidak terlalu terlihat. Namun dari kacamata mesin pencari, pemakaian script penunjang tersebut tidak dapat disembunyikan. Hasilnya seperti pada kedua gambar perbandingan tersebut di atas. "Page Speed Grade" dapat ditipu dengan pemakaian script penunjang...., namun "Page Load Time" tidak akan bisa ditipu.

Demikianlah uraian perdana tentang memilih template yang baik, pada kesempatan berikutnya akan penulis bahas aspek-aspek yang lainnya.

Tidak ada komentar:
Write komentar