Rabu, 06 Mei 2020

Blog Review Terobosan Backlink yang Alami

Blogger Blog, backlink banner Blogger Blog pada artikel kali ini ingin sekali membahas tentang Blog Review sebagai suatu terobosan mendapat Backlink yang alami (natural). Banyak macam cara untuk mendapatkan Backlink yang bertujuan untuk memperkuat eksistensi sebuah blog atau situs/website, mulai dari tukar-menukar link, membeli backlink, blogwalking dengan pola meninggalkan komentar sampai kepada model sharing artikel ke berbagai media sosial. Namun dari keseluruhan cara tersebut, menurut hemat penulis, cara yang paling wajar, natural dan alami adalah dengan metode Blog Review.

Sampai saat ini saya masih menganggap backlink dari artikel (terletak di dalam sebuah artikel blog) nilainya masih lebih tinggi dari pada backlink yang terletak di sidebar atau footer bahkan di header blog sekalipun. Logikanya adalah sebuah website atau blog, yang akan pertama kali dilihat atau dibaca adalah artikelnya (isi) bukan yang lain. Sedangkan sidebar, menu, atau footer hanya merupakan navigasi pelengkap. Artikel atau konten blog adalah nyawa sebuah blog. Situs atau blog tanpa artikel atau isi, ibarat mayat hidup.

Baca juga : Tentang dan Seputar Pengertian Backlink .

Backlink alami (seolah-olah) bisa didapat dengan cara tukar menukar artikel. Cara ini lebih alami daripada tukar menukar link yang dapat dianggap sebagai blog spam jika berlebihan (contoh: Wordpress.com akan menutup sebuah akun jika ada link yang banyak). Tukar-menukar artikel dengan melakukan blog review yaitu mengulas blog, artikel atau produk dengan memberi link aktif ke blog tersebut. Dan sebaliknya, blog yang di-review juga me-review blog kita. Dengan demikian, kita akan mendapat (seolah-olah) backlink natural.

Pengertian Blog Review pada pada dasarnya merupakan tinjauan, pandangan maupun analisa atas sebuah blog oleh seseorang yang bersifat sangat subyektif. Berbeda dengan analisa blog dengan mempergunakan software atau tools baik online maupun offline, yang dapat bersifat lebih obyektif (apa adanya) karena di dalamnya terdapat sebuah rancangan program untuk menganalisanya.

Blog Review lebih mengutamakan pendapat pribadi (yang me-review) ketika menganalisa sebuah blog. Blog Review bisa dilakukan dari sisi tampilan (desain), materi isi (konten), web coding, dan lain sebagainya. Bisa jadi hasil review seseorang akan berbeda dengan orang lain karena sifatnya yang sangat dipenuhi unsur subyektivitas.

Blog Review oleh seseorang bisa dianggap sebagai kritik, masukkan, pandangan terhadap blog, apalagi yang memberi tinjauan seorang blogger senior yang telah lama berkecimpung di dunia blogger. Bisa saja, hasil sebuah review tidak berkenan atau kurang disetujui oleh pemilik blog, namun setidaknya kita telah mendapat satu penilaian orang lain tentang blog kita, entah baik atau buruknya blog kita.

Dari sudut pandang SEO saat ini, Blog Review dengan link aktif menuju blog yang di-review adalah cara aman dan alamiah untuk mendapatkan sebuah backlink dari blog yang mereview, daripada bertukar link antar blog. Prosedur tukar menukar link dengan sesama blogger, untuk saat ini terancam dengan penalti spam oleh search engine, dan oleh karenanya proses tersebut menjadi tidak populer untuk dilakukan lagi.

Keuntungan

Mendapat backlink yang bagus (karena tidak berasal dari situs spam yang google gak suka)

Website atau situs/blog yang direview akan menerima backlink yang sesuai dengan thema blog yang direview. Link tersebut bisa jadi mengarah ke homepage maupun landing page yang mendapat review. Backlink jenis ini sanat berpengaruh terhadap SERP (search engine result page). Dengan direview oleh seorang blogger yang memiliki popularitas di search engine, akan mengangkat website atau situs/blog tersebut ke halaman utama search engine. Dengan demikian kesempatan untuk memperoleh pengunjung menjadi lebih besar.

Pembaca akan mendapatkan informasi yang akurat dari pihak lain.

Ulasan atau testimony dari orang lain, apalagi yang berada di luar perusahaan, akan meningkatkan kepercayaan konsumen atau calon pengunjung blog/web yang akan membeli produk atau jasa website atau situs/blog yang direview tersebut. Informasi yang benar, akurat serta positif akan membantu memudahkan pembaca untuk mengambil keputusan penting.

Artikel Review tersebut akan tersebar ke berbagai situs Media Sosial.

Pihak yang melakukan review blog dalam sebuah artikelnya tentu tidak ingin blog yang dimilikinya tersebut menjadi tenggelam. Oleh karenanya ia akan secara otomatis melakukan sharing semua artikel-artikel blognya (termasuk artikel review ini) ke berbagai situs Media Sosial. Nah di sinilah letak keuntungan website atau situs/blog yang direview, otomatis tidak perlu susah-susah untuk melakukan proses sharing artikel.

Demikianlah uraian saya tentang Blog Review sebagai sebuah terobosan untuk mendapatkan Backlink yang alami, semoga bermanfaat.

Tidak ada komentar:
Write komentar