Minggu, 03 Mei 2020

Biar Pemula asalkan jadi Blogger Sukses

Blogger Blog . "Biar Pemula asalkan jadi Blogger Sukses" adalah idaman atau cita-citaku yang terbengkalai sejak beberapa tahun terakhir ini, tepatnya sejak tahun 2011 kemarin. Kemunduran jadwal pencapaian tersebut bukanlah merupakan kehendak aku pribadi, namun lebih kepada pemenuhan tuntutan di kehidupan nyata yang berkaitan dengan urusan-urusan perut dan keinginan lainnya. Pemenuhan tuntutan kehidupan itu musti aku dahulukan, sehingga aktivitas-aktivitas di dunia blogging menjadi terbengkelai hingga di pertengahan tahun 2015 ini.

Blogger Blog, Banner-01

Siapa bilang aku gak pengin populer dengan blog yang aku bentuk sejak tahun 2011 ini ? Tapi yah itu tadi, banyak juga kendalanya untuk menjadi "full timer blogger", sehingga sampai saat artikel ini aku tulis pun, Blogger Blog ini berkembang dengan menurut pikirannya sendiri dengan tanpa arahan-arahan yang jelas dari aku sebagai pemilik sahnya. Dahulu blog ini sudah cukup memiliki reputasi maupun kualitas, terbukti telah memiliki homepage dengan pagerank 3 (cukup bagus untuk kelas blogger pemula seperti aku ini), selanjutnya telah ada beberapa halaman postingan yang telah memiliki pagerank 2. Namun, lama kelamaan reputasi dan kualitas itu seakan tidak berarti akibat lepas dari jalur-jalur pengurusan yang terkonsentrasi dengan baik.

Sebenarnya jadi Blogger Sukses itu mudah kok .... ? Gak percaya .... ? Begini ceritanya : Dahulu ada teman aku yang tentu saja tidak pandai dalam hal merangkai kata menjadi sebuah kalimat, dan akhirnya menjadi sebuah tulisan yang mampu menjelaskan sebuah topik bahasan. Namun dia memiliki akal yang cukup licin. Dia bikin 5 blog dengan komposisi 1 blog utama dan 4 blog pendukung. Ke 4 blog pendukung ini dia isi dengan topik-topik bahasan yang "seronok" cenderung "vulgar" tentang dunia wanita dengan segala lekuk liku tubuhnya. Alhasil ke 4 blog tersebut mampu meraup jumlah visitor yang tinggi untuk setiap harinya. Dengan berbagai cara ia berusaha mengalirkan traffik dari ke 4 blog pendukung tersebut menuju ke blog utama yang telah ia pasang dengan berbagai macam banner-banner iklan yang menghasilkan rupiah di kantongnya. Secara lambat laun tapi pasti, keberadaan blog utama yang didukung oleh ke 4 blog pendukung tersebut mampu mengalirkan jumlah rupiah yang tidak sedikit ke pundi-pundi simpanannya. Dan untuk menjaga kredibilitasnya (sebagai seorang blogger yang "bersih") ia menutup cara-cara suksesnya ini dari berbagai pihak atau kalangan. Alhasil ia berhasil mendapatkan predikat "Blogger Sukses" meskipun sebenarnya ia tidak pandai dalam hal tulis-menulis.

Berbeda dengan diriku yang memilih jalan lurus-lurus saja dengan berbekal blog gratisan dan tanpa strategi yang demikian tersebut. Hasilnya .....  ??? Yah .... tetap aja jadi penyandang status "Blogger Pemula" ....... Namun meskipun blogger pemula aku tetap yakin suatu saat nanti pasti akan menjadi penyandang predikat "Blogger Sukses" dengan catatan nggak malas mempraktekkan tips-tips berikut ini  :

1. Fokus dan serius dalam aktivitas blogging.

Sebenarnya sikap fokus dan serius ini tidak saja dibutuhkan dalam aktivitas di dunia blogging, hampir dalam setiap aktivitas di dunia nyata pun tentu membutuhkan faktor fokus dan serius untuk beraktivitas. Fokus dan serius dalam aktivitas blogging ini setidaknya menuntut sikap bukan sekedar iseng atau ikut-ikutan, artinya seorang blogger haruslah menekuni aktivitas blogging ini dengan satu tujuan yang jelas dan pasti untuk meraih "sesuatu" di belakang hari nanti. Dengan mempertahankan sikap fokus dan serius, paling tidak kita dapat mengurangi kemunculan blog-blog sampah di dunia internet.

2. Bukan hanya kegiatan tulis menulis.

Ada sebagian blogger yang sulit untuk menuangkan ide-ide kreatifnya (mungkin termasuk aku) dalam bentuk tulisan yang original dan berkualitas, namun hendaknya kita pahami bahwa kegiatan blogging tidak melulu hanya pada aktivitas tulis menulis saja. Masih banyak hal lain yang juga termasuk dalam aktivitas ini. Masalah membuat tulisan dalam bentuk artikel blog atau konten blog logikanya dapat kita pelajari dari tulisan-tulisan blogger lainnya, untuk itulah dalam hal ini diperlukan aktivitas blogwalking yang lebih intens dan serius. Masalah-masalah yang perlu juga diperhatikan adalah berkaitan dengan upaya-upaya optimalisasi blog maupun postingan blog, termasuk meningkatkan kecepatan loading atau akses halaman postingan maupun homepage blog.

3. Jangan lupa promosi setiap selesai membuat artikel baru.

Promosi adalah merupakan faktor penting untuk meningkatkan popularitas sebuah situs atau blog (baik personal maupun bisnis). Percuma saja kita memiliki banyak artikel-artikel yang berkualitas bila tidak dibarengi dengan upaya-upaya promosi yang maksimal. Dewasa ini banyak sekali media promosi blog yang dapat kita manfaatkan, diantaranya adalah situs-situs Media Sosial semacam Facebook, Google Plus dan Twitter. Disamping itu masih juga terdapat forum-forum dofollow yang dapat kita pergunakan sebagai upaya diversifikasi promosi blog. Selain upaya promosi blog, kita juga wajib untuk mencari sekaligus mengkoleksi berbagai model backlink yang berkualitas untuk mendukung eksistensi blog yang kita miliki ini. Backlink dari Google adalah model backlink yang wajib kita upayakan untuk pertama kalinya.

4. Kurang konsisten dengan aktivitas blogging.

Banyak diantara para blogger (terutama blogger pemula) sering mengalami masalah dis-konsistensi ini, mereka terlalu gampang merasa bosan dengan aktivitas blogging (yang mungkin dirasakan tidak terlalu membawa hasil dan buang-buang waktu saja). Perlu selalu ditanamkan dalam pikiran kita adalah : Tidak ada hasil yang instant dalam sebuah aktivitas blogging, semuanya membutuhkan waktu yang relatif lama . Kadang hal yang terjadi adalah backlink yang kita dapatkan hari ini ternyata merupakan usaha kita dua bulan yang lalu atau bisa jadi satu tahun yang lalu. Sikap konsisten ini tidak saja diperlukan dalam rangka menuangkan pemikiran-pemikiran baru dalam bentuk postingan blog, namun perlu juga dilakukan dalam rangka mencari peluang-peluang baru untuk memperkuat sekaligus mengembangkan potensi blog yang kita miliki.

5. Jadilah diri sendiri dan jangan meniru orang lain.

Dalam menekuni aktivitas di dunia blogging, menjadi diri sendiri adalah merupakan sebuah faktor penting untuk mengangkat kredibilitas pribadi maupun blog yang dimilikinya. Jangan terlalu mudah untuk meniru atau mencontoh orang lain, terutama dalam setiap aktivitas blogging yang dilakukannya. Pilih dan tentukan sendiri mana-mana yang cocok dengan diri anda dan mana-mana aktivitas yang paling anda sukai serta mudah untuk dilakukan. Jangan memilih hal-hal yang tidak anda sukai, sehingga dapat menimbulkan dampak kebosanan yang mengurat mengakar.

6. Jangan pernah malas untuk terus belajar.

Hidup ini adalah sebuah pembelajaran, demikian halnya dengan aktivitas kita di dunia blogging, bilamana kita ingin mencapai sebuah tingkat kesuksesan yang maksimal, kita harus dan wajib untuk terus belajar guna meningkatkan kemampuan pribadi masing-masing, sehingga dampaknya nanti akan terlihat dengan semakin meningkatnya kualitas blog yang kita kelola. Hingga saat ini pun aku terus belajar, menggali berbagai macam pengetahuan baru yang dapat aku pergunakan untuk meningkatkan kualitas blog ini (sebagaimana yang dahulu pernah tercapai), terlebih lagi perkembangan algoritma mesin pencari sudah sedemikian pesatnya dan hal ini membutuhkan perhatian khusus.

Yah ... akhirnya selesai juga postingan aku tentang Biar Pemula asalkan jadi Blogger Sukses ini, semoga dapat memberikan motivasi serta membangkitkan semangat baru.

Tidak ada komentar:
Write komentar