Bunga melati merupakan salah satu bunga yang sangat terkenal baik di Indonesia bahkan seluruh dunia. Warnanya yang putih higienis dan kekhasan aromanya menyebabkan bunga ini dikagumi dan disukai oleh banyak orang. Bahkan bunga ini dinobatkan sebagai puspa bangsa yang melambangkan kesucian dan kemurnian. Tengok saja bagaimana melati menjadi bunga pilihan yang dipakai di upacara-upacara moral terutama upacara janji nikah atau penggunaan melati sebagai bunga tabur untuk ziarah ke pemakaman. Menjelang bulan ramadahan atau lebaran bunga melati banyak dicari dan laris keras di pasaran sebab biasanya banyak orang yang menggelar program janji nikah atau pergi ziarah ke pemakaman.

Manfaat Melati Gambir Untuk Kesehatan Dan Bisnis
Manfaat Melati Gambir Untuk Kesehatan Dan Bisnis

Jenis Jenis Bunga Melati

Diketahui ada sekitar 200 spesies bunga melati yang telah ditemukan oleh para ilmuan namun hanya ada sekitar 9 spesies yang umum dibudidayakan di seluruh dunia salah satunya melati gambir yang akan kita bicarakan keuntungannya kali ini. Bunga melati ini berwarna putih higienis sama menyerupai melati lain pada umumnya namun berukuran relatif besar dengan mahkota bunga yang berukuran besar pula. Sebagian orang sering salah menduga bunga ini sebagai bunga kamboja sebab bentuk bunganya yang mirip. Namun jikalau diperhatikan lebih seksama potongan daun dan bentuk pohonnya maka akan segera diketahui perbedaannya dengan bunga kamboja.

Seperti spesies melati lainnya melati gambir mempunyai bentuk yang manis dan aroma yang harum semerbak sehingga banyak dijadikan tanaman hias untuk mempercantik halaman, pekarangan, atau taman. Ukuran bunga dan batangnya yang cukup besar menyebabkan tanaman ini lebih sering ditanam di tanah dibandingkan ditaruh di dalam pot. Ini membuka peluang menyebabkan manfaat melati gambir sebagai lini perjuangan yang menjanjikan. Dengan banyaknya peminat bunga ini sebagai tanaman hias anda sanggup membuka perjuangan pembibitan dan penjualan bibit bunga melati gambir. Usaha ini sanggup dimulai dengan modal kecil namun mempunyai prospek yang menjanjikan. Apalagi iklim di Indonesia yang memungkinkan untuk melaksanakan perjuangan ini.

Peluang Bisnis Melati Gambir

Peluang manfaat melati gambir sebagai lini perjuangan tidak hanya hingga disitu. Melati gambir juga kerap dipakai sebagai materi baku pembuatan minuman menyerupai teh kemasan. Hal ini didukung oleh aromanya yang relatif lebih berpengaruh dibanding jenis melati lainnya sehingga sanggup menambah aroma dan rasa minuman teh. Jika anda membuka perjuangan pembibitan dan penjualan melati gambir maka anda tidak perlu khawatir mengenai pangsa pasarnya sebab selain masyarakat pencinta tanaman industri minuman juga membutuhkan bunga ini sebagai materi baku.

Selain itu manfaat melati gambir yang beraroma khas dan berpengaruh ini juga sanggup dipakai sebagai materi baku pembuatan parfum atau minyak wangi. Seperti yang diketahui parfum atau minyak anyir sanggup dihasilkan dari aneka macam ekstrak bunga menyerupai manfaat bunga arum dalu, manfaat bunga sedap malam, manfaat bunga lavender, manfaat bunga mawar merah, dan lain sebagainyua. Hal ini tentu semakin memperluas pangsa pasar bagi anda yang ingin membuka perjuangan pembibitan dan penjualan melati gambir.

Sangat bermanfaat bukan? Tanaman yang biasanya hanya dibiarkan tumbuh liar atau ditanam sekedar sebagai penghias halaman rumah atau taman ini ternyata jikalau dikelola dan dikembangkan dengan serius sanggup membawa manfaat yang lebih besar bagi lebih banyak orang. Dengan menyebabkan budidaya melati gambir sebagai peluang perjuangan maka akan membuka banyak lapangan pekerjaan gres yang otomatis berdampak positif bagi kesejahteraan masyarakat secara umum.