Bawang merah yang dalam bahasa Latin dinamakan dengan Allium Ascalonicum L merupakan flora yang sangat bermanfaat untuk insan khususnya dalam masakan. Ada banyak cara yang dipakai untuk mengolah umbi flora ini menyerupai dihaluskan bersama bumbu lain, dibentuk acar atau juga dapat dijadikan bawang goreng yang sangat nikmat untuk di konsumsi. Kandungan dalam bawang merah sendiri juga sangat banyak menyerupai flavonglikosida yang berkhasiat sebagai anti radang, pembasmi basil dan juga menurunkan panas, mengandung manfaat kalsium, protein, lemak baik, fosfor dan beberapa jenis vitamin menyerupai vitamin B1 dan juga vitamin C. Bawang merah yang diolah dengan cara di goreng juga mempunyai banyak khasiat untuk badan dan dalam ulasan kali ini akan kami kupas tuntas mengenai manfaat bawang merah goreng untuk kesehatan tubuh.

Manfaat Bawang Merah Goreng
Manfaat Bawang Merah Goreng

Penyedap Alami

Manfaat bawang merah yang diolah dengan cara digoreng dapat dijadikan MSG atau penyedap alami dalam banyak sekali jenis masakan. Segala jenis masakan yang ditambahkan dengan bawang goreng ini akan jauh lebih gurih namun tetap kondusif untuk di konsumsi alasannya yakni tidak mengandung materi pengawet. Bahkan, menyantap nasi yang dicampur bawang goreng saja sudah cukup nikmat sebagai pengganti lauk pauk

Mengatasi Sembelit

Serat yang terkandung dalam bawang merah sangat bermanfaat untuk meningkatkan proses pembuangan racun serta partikel kuliner yang bertekstur keras dan menumpuk dalam usus. Hal ini tentunya akan sangat membantu apabila anda mempunyai duduk perkara sembelit.

Mengatasi Masalah Pendarahan

Bawang merah juga menjadi obat alami yang sangat ampuh untuk menyembuhkan hemoroid atau lebih dikenal dengan nama wasir. Anda dapat mengkonsumsi bawang merah goreng ini secara teratur dan dapat juga menghirup aroma dari irisan bawang merah mentah secara perlahan supaya khasiatnya lebih terasa.

Melindungi Organ Jantung

Manfaat bawang merah mentah, mengkonsumsi bawang merah goreng, ataupun banyak sekali olahan bawang merah lainnya secara teratur juga sangat baik untuk melindungi organ jantung dari banyak sekali penyakit berbahaya. Bawang merah juga sangat baik untuk mengontrol tekanan darah tinggi serta membuka arteri yang tersumbat menuju atau dari jantung ke seluruh tubuh.

Mengontrol Kadar Kolesterol

Kadar kolesterol tinggi ternyata juga dapat diatasi dengan gampang dengan mengkonsumsi bawang merah goreng dengan teratur alasannya yakni mengandung sulfida methylallyl dan asam amino sulfur. Kedua kandungan dalam bawang merah ini ampuh dalam menurunkan kadar kolesterol jahat dalam badan sekaligus meningkatkan kadar kolesterol baik atau HDL.

Mencegah Kanker

Tidak hanya bawang putih yang sangat baik di konsumsi sebagai solusi kanker, namun bawang merah yang diolah menjadi bawang goreng atau dalam keadaan mentah juga sangat baik untuk mencegah penyakit mematikan tersebut. Beberapa jenis kanker yang dapat dicegah dengan cara mengkonsumsi bawang merah ini diantaranya yakni kanker usus, kanker paru paru, kanker lambung, kanker payudara dan juga kanker prostat.

Mengatasi Sakit Saat Buang Air Kecil

Mengkonsumsi bawang merah goreng secara eksklusif atau dicampur dengan masakan juga sangat baik dalam mengatasi sakit dikala buang air kecil. Hal ini dikarenakan sifat bawang merah yang menjadi detoksifikasi alami badan dalam mengeluarkan banyak sekali racun dan juga antibiotik alami untuk mengatasi rasa sakit yang ditimbulkan dikala buang air kecil.

Mengontrol Diabetes

Mengkonsumsi bawang merah goreng atau mentah juga baik untuk meningkatkan produksi insulin dalam badan yang diharapkan penderita diabetes. Insulin sendiri merupakan hormon alami yang diproduksi pankreas. Saat mengkonsumsi bawang merah goreng yang juga mengandung insulin, maka akan mengubah glukosa menjadi energi yang nantinya akan dialirkan secara merata ke seluruh badan sekaligus membantu badan untuk menyimpan energi.

Manfaat bawang merah goreng ternyata tidak hanya sangat nikmat di campur dalam masakan, namun juga terbukti sangat baik untuk mengatasi beberapa macam penyakit dari yang ringan hingga yang kronis. Hal yang harus diperhatikan dikala menggoreng bawang merah yakni jangan hingga terlalu gosong alasannya yakni dapat menghilangkan banyak sekali nutrisi yang ada dalam bawang merah tersebut.